feedburner
Masukkan email anda:

Delivered by FeedBurner

Prak. Biologi Sel dan Molekuler

Label:

Yooo... setelah sekian lama blog ini aku aktifkan kembali, maaf ya.... kali ini saya akan memberikan bocoran sedikit mengenai materi-materi yang ada pada praktikum Biologi Sel dan Molekuler, mulai dari alat, bahan serta contoh-contoh hasil pengamatan yang tentunya berguna untuk dijadikan referensi laporan kamu (ingat ini sebagai referensi lho...!!)

Biologi Sel dan Molekuler.... praktikum materi ini meliputi pengamatan terhadap Sel hidup dan sel mati, organel-organel sel, benda-benda ergastik dan Proses fotosintesis, praktikum ini di peruntukkan bagi mahasiswa semester pertama sebagai mata kuliah wajib, oleh sebab itu saya dengan senang hati sedikit memberikan petunjuk kepada adik-adik (hahaay...) bagaimana sebenarnya proses kegiatan praktikum ini, saya akan membahasnya satu persatu sesuai dengan percobaannya...

Percobaan I Sel Hidup dan Sel Mati
Maksud percobaan ini yaitu, untuk mengetahui berbagai macam bentuk sel, baik itu bagian-bagiannya seperti fungsi, dan struktur dari berbagai bahan yang digunakan. Adapun tujuan percobaan ini adalah untuk melihat beberapa bentuk sel, juga untuk dapat melihat bagian-bagian sel hidup dan sel mati pada sampel yang digunakan yaitu Bawang merah (Alium cepa), Hidrilla (Hydrilla verticillata), Empulur Ubi kayu (Manihot Utillisima), Kapuk randu (Caiba petranda), dan Kapas (Gossypium sp.). cara pengerjaan percobaan ini adalah sebagi berikut:

Bawang Merah(Alium cepa)
Diambil sehelai tipis lapisan umbi tersebut kemudian diletakkan di atas objek gelas lalu ditetesi air menggunakan pipet tetes selanjutnya di tutup dengan dek gelas selanjutnya diamati menggunakan mikroskop.

Daun Hidrilla (Hydrilla verticillata)
Diambil sehelai daun masih segar,
diletakkan di atas objek gelas lalu ditetesi air menggunakan pipet tetes selanjutnya di tutup dengan dek gelas selanjutnya diamati menggunakan mikroskop.

Empulur Ubi kayu (Manihot utillisima)
Diambil potongan tipis penampang melintang empulur ubi kayu,
diletakkan di atas objek gelas lalu ditetesi air menggunakan pipet tetes selanjutnya di tutup dengan dek gelas selanjutnya diamati menggunakan mikroskop.

Kapuk randu (Caiba petranda) dan Kapas (Gossypium sp.)
Diambil beberapa helai kemudian
diletakkan di atas objek gelas lalu ditetesi air menggunakan pipet tetes selanjutnya di tutup dengan dek gelas selanjutnya diamati menggunakan mikroskop.

Terakhir, semua hasil pengamatan yang telah diamati menggunakan mikroskop digambar serta diberi warna sesuai dengan yang diamati dan dilengkapi dengan keterangan bagian-bagian hasil pengamatan.

Percobaan II Organel-organel Sel
Maksud dari percobaan ini adalah untuk mengetahui moorfologi dari beberapa organel-organel sel, adapun tujuannya adalah untuk melihat dan mengamati morfologi dari organel Mitokondria dan badan Golgi serta struktur yang ada didalamnya. Prinsip percobaan ini yaitu preparat diletakkan di bawah mikroskop kemudian diamati bagian-bagian sampel dan didokumentasikan lengkkap beserta keterangannya. Cara pengerjaannya,preparat sampel yg disiapkan oleh laboratorium diamati menggunakan mikroskop kemdian diamati bentuk-bentuk morfologi dari mitokondria dan badan golgi dengan menggunakan mikroskop.

Percobaan III Benda-benda Mati (Ergastik)
Maksud percobaan ini yaitu untuk mengetahui benda-benda mati (benda ergastik) dalam sel baik dari segi struktural maupun fungsional dari berbagai jenis tumbuhan, adapun tujuannya untuk megetahui adanya benda-benda mati (benda ergastik) dalam sel tumbuhan, prinsip percobaan ini untuk mengetahui adanya sel mati dan sel hidup di dalam berbagai jenis tumbuhan dan mengetahui keberadaan benda-benda mati (ergastik) salam sel tumbuhan. Sampel yang digunakan pada percobaan kali ini adalah Bayam (Amaranthus sp), tangkai daun Pepaya (Carica papaya), daun bunga Pukul empat (Mirabilis jalapa), Kentang (Solanum tuberosum), Ubi kayu (Manihot utillisima), Beras (Oryza sativa), Lidah buaya (Aloe vera), Jeruk (Cytrus sp.). Cara pengerjaan percobaan ini sebagai berikut:
Bayam (Amaranthus sp)
Disiapkan alat dan bahan, diambil tangkai daun Bayam kemudian diiris membujur, lalu diletakkan di atas objek gelas dan ditetesi dengan aquadest sebanyak satu tetes kemudian ditutup dengan dek gelas. Setelah itu diamati menggunakan mikroskop.
Pepaya (Carica papaya)
Disiapkan alat dan bahan, diambil tangkai daun Pepaya kemudian diiris membujur, lalu diletakkan di atas objek gelas dan ditetesi dengan aquadest sebanyak satu tetes kemudian ditutup dengan dek gelas. Setelah itu diamati menggunakan mikroskop.
Daun bunga Pukul empat (Mirabilis jalapa)
Disiapkan alat dan bahan, diambil sehelai daun bunga Pukul empat kemudian diiris membujur, lalu diletakkan di atas objek gelas dan ditetesi dengan aquadest sebanyak satu tetes kemudian ditutup dengan dek gelas. Setelah itu diamati menggunakan mikroskop.
Kentang (Solanum tuberosum)
Disiapkan alat dan bahan, diambil umbi Kentang kemudian dibelah dua, pada permukaan belahan kentang ditusuk-tusuk dengan menggunakan jarum preparat sampai mengeluarkan cairan, cairan tersebut lalu diletakkan di atas objek kemudian ditutup dengan dek gelas. Setelah itu diamati menggunakan mikroskop.
Ubi kayu (Manihot utillisima)
Disiapkan alat dan bahan, diambil umbi ubi kayu kemudian dibelah dua, pada permukaan belahan ditusuk-tusuk dengan menggunakan jarum preparat sampai mengeluarkan cairan, cairan tersebut lalu diletakkan di atas objek kemudian ditutup dengan dek gelas. Setelah itu diamati menggunakan mikroskop.
Beras (Oryza sativa)
Disiapkan alat dan bahan, diambil beras yang sudah dihaluskan (tepung beras) lalu diletakkan secukupnya secara tipis di atas objek kemudian ditutup dengan dek gelas. Setelah itu diamati menggunakan mikroskop.
Lidah buaya (Aloe vera)
Disiapkan alat dan bahan, diambil lendir Lidah buaya lalu diletakkan di atas objek kemudian ditutup dengan dek gelas. Setelah itu diamati menggunakan mikroskop.
Jeruk (Cytrus sp.)
Disiapkan alat dan bahan, diambil kulit buah jeruk, diiris melintang setipis mungkin lalu diletakkan di atas objek kemudian ditutup dengan dek gelas. Setelah itu diamati menggunakan mikroskop.

Percobaan IV Proses Fotosintesis Tumbuhan
Maksud percobaan ini adalah untuk mengetahui proses fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan, dan tujuanya adalah untuk mengamati adanya pelepasan oksigen, adanya pengikatan karbondioksida, dan untuk membuktikan bahwa pada proses fotosintesis menghasilkan amilum. Pada percobaan ini dilakukan tiga metode yaitu:
percobaan Ingenhouz: Gelas piala diisi dengan aquadest dan dimasukkan tumbuhan Hydrilla (Hydrilla verticillata) ke dalamnya,corong dimasukkan dalam gelas piala dengan keadaan terbalik sedemikian rupa sehingga semua tumbuhan Hydrilla berada di bawah corong. pangkal corong ditutup dengan tabung reaksi terbalik yang berisi air, kemudian ditempatkan di dekat sumber cahaya yang mempunyai intensitas tinggi (lampu), setelah beberapa saat diamati, maka akan terjadi gelembung-gelembung udara yang terkumpul di atas tabung reaksi. itu berarti dalam percobaan ini fotosisntesis menghasilkan oksigen.
Percobaan Sachs: Sebagian permukaan daun Mangga (Mangga idince) segar yang dipetik pada pagi hari ditutup dengan alumunium foil dan dijepit rapat dan dibiarkan selama 3 hari. setelah itu dimasukkan ke dalam gelas piala dan ditambahkan air panas hingga daun tersebut layu, kemudian daun tersebut diangkat dan dimasukan lagi kedalam alkohol mendidih hingga klorofilnya larut, diangkat dan dimasukkan lagi ke dalam wadah yang berisi larutan iodium selama beberapa saat untuk membuktikan adanya amilum, selanjutnya dibilas dengan air mengalir agar larutan iodiumnya hilang.
Percobaan Asimilasi Karbon: Disiapkan tiga buah tabung reaksi, kemudian tabung pertama diisi dengan air matang + Hydrilla, tabung kedua diisi dengan air suling + Hydrilla, tabung ketiga diisi dengan air matang + Soda kue + Hydrilla, kemudian semua tabung di letakkan di bawah sinar matahari/lampu berintensitas tinggi. Diamati gelembung-gelembung yang muncul.

Demikian sedikit bocoran mengenai materi kegiatan praktikum di Biologi Sel dan Molekuler, tentunya hasil pengamatan yang akan didapatkan sesuai dengan perlakuan teman-teman pada saat praktikum nantinya... saran saya adalah ikuti asistensi yang diberikan oleh asisten percobaan yang bersangkutan karena teman-teman akan lebih mudah memahami pengerjaannya pada saat di laboratorium nanti, yang terpenting perbanyak konsultasi dengan asisten atau senior untuk menembah pengetahuan. Kalau memungkinkan saya akan memposting contoh laporan lengkap praktikum Biologi Sel dan Molekuler di masa mendatang nanti..... yupz... sampai jumpa di Lab yaa.....

4 komentar:
gravatar
Irmha Pharmacy mengatakan...
5 November 2010 01.50  

Minta Gambar,y Dong ....
Plies kk Senior pharmacy... hehhe
Uit Is the Best..

gravatar
Irmha Pharmacy mengatakan...
5 November 2010 02.05  

Kok Ngk ada Gambar.y Sich...
Ngk Lengkap Ne,,, hehhehe

gravatar
Irmha Pharmacy mengatakan...
5 November 2010 02.07  

Kok Ngak Ada Gambar,y Sich..
Tolong Dong Kk Senior Upload Gambar Benda Ergastik... by Nak Pharmacy Angk-10

gravatar
Irmha Pharmacy mengatakan...
5 November 2010 02.08  

UIT is the Best...

Poskan Komentar